Jumat, 12 Maret 2010

KAuC (Komunikasi Antar Mikrokontroller) : Introduction Part I

.
Silahkan Baca :
Komunikasi USART AVR Mode Sinkron.
Komunikasi USART Mode Asinkron.
Komunikasi USART : TTL - RS232

KAuC (Komunikasi Antar Mikrokontroller => saya singkat biar nantinya mudah) merupakan salah satu hal wajib yang harus diketahui perancang hardware dan software. Tanpa mengetahui hal ini perancang akan kesulitan untuk membuat perangkat kompleks yang modular / terpisah-pisah.
Sebenarnya KAuC tidak hanya berlaku untuk komunikasi sesama MCU (Microcontroller Unit) tetapi bisa juga antar MCU-Komputer, MCU-MCu yang berbeda tipe (misal AVR dan PIC), MCU-IC Digital, MCU-Barcode, dll.

Sebelum jauh pada perancangan komunikasi data maka sebaiknya diketahui dulu konsep KAuC atau komunikasi antar perangkat sehingga bisa dirancang komunikasi seperti apapun yang diinginkan. Oleh sebab itu saya mencoba untuk membagi-bagi KAuC menjadi beberapa bagian.

Introduction
Komunikasi data ada 2 cara yaitu komunikasi data secara parallel dan komunikasi data secara serial. Komunikasi data secara parallel yaitu Komunikasi banyak data (64 bit, 32 bit, 16 bit, 8 bit, 4 bit) yang dilakukan secara langsung dalam waktu bersamaan melalui banyak jalur (kabel, PCB, fiber optical, dll). Komunikasi data secara serial yaitu komunikasi 1 buah data (1 bit) pada satu waktu.
Tidak banyak yang bisa dibahas untuk komunikasi data secara parallel sedangkan komunikasi secara serial telah mengalami berbagai perkembangan dan telah banyak jenisnya.

KAuC atau komunikasi antar perangkat dapat sudah banyak jenis-nya seperti : Komunikasi parallel, UART (Universal Asynchronous Receiver Transmitter), USRT (Universal Synchronous Reciever Transmitter), I2C (Inter-Integrated Circuit), USB, TWI (Two Wire Interface), 1 Wire Interface, SPI (Serial Peripheral Interface), dll..
(apa lagi yak..?).

Untuk RS232 dan RS485 hanyalah level tegangan saja yaitu konversi level tegangan TTL (0 Vdc - 5Vdc) menjadi level RS232 (±25 Vdc) maupun RS485 (Differensial ±25 Vdc) dan bukannya jenis komunikasi.

Interface Parallel
Paralel 32 bit, 16 bit, 8 bit, ataupun 4 bit, baik digunakan jika membutuhkan kecepatan transfer data yang tinggi seperti pada motherboard komputer karena membutuhkan kecepatan tinggi. Contoh lain seperti pada LCD karakter yang dapat diprogram untuk komunikasi paralel 8 bit maupun 4 bit.

Tentang Interface parallel :
  • Kecepatan transfer data dengan kecepatan maksimum.
  • Coding mudah dan sederhana.
  • Menggunakan jalur (wire) yang tidak sedikit (banyak).
  • Selain pin data dibutuhkan pin tambahan sebagai Handshake seperti : pin CS (Chip Select, RD (Read), WR (Write), ACK (acknowledgment ), dll.
  • Perancangan PCB menjadi rumit dan lebih besar.
  • Tidak efektif digunakan untuk komunikasi jarak jauh karena bisa mengalami penurunan level tegangan sehingga merusak data dan menggunakan kabel yang (sangat) banyak.
Lanjut ke :
KAuC (Komunikasi Antar Mikrokontroller) : Introduction Part II

Topik yang Populer