Sabtu, 01 Januari 2011

Too PayZ : Catatan Awal Tahun I

Curhat Dlo Ah
Sudah cukup banyak yang telah saya posting.
Saya orang teknik menyukai hal-hal teknik khususnya elektronika digital sehingga menulis apalagi memposting di blog bukanlah tipe saya.

Saya sangat tidak suka mengetik terutama mengetik laporan.
Saya bisa membuat alat Tugas Akhir berbasis elektronika digital kurang dari 1 bulan tetapi bisa mengerjakan laporan lebih dari 3 bulan karena ketika mulai mengetik, semangatku menurun drastis dan tiba-tiba ngantuk atau ingin main di game center.
Tapi hal yang saya paling benci adalah masalah BIROKRASI yang rumit (atau diperumit) yang menyebabkan saya kuliah cukup lama (Derita kebanyakan Mahasiswa), yah tapi apalah daya, bahasnya aja MALAS.

Saya sangat menyukai Robotika, Teknologi Eletronika, dan sejenisnya. Dan kalo uda masalah ini bisa lupa segalanya. Saya suka sekali mengerjakan peralatan / perangkat / aplikasi-aplikasi yang menurut saya menarik dan belum pernah saya kerjakan. Tetapi kadang aplikasi yang menarik selalu melibatkan masalah mekanik (dan bukan bidang saya) sehingga selalu menghambat proses pengerjaan alat tersebut yang menurut saya harusnya cepat selesai.

Terkadang juga ketika saya mengerjakan alat melibatkan miniatur seperti rumah, gedung, perempatan jalan raya, dll yang mau tidak mau melibatkan arsitekur agar alatnya Indah dan menarik. Sehingga harus cari orang lagi, keluar biaya, dan menambah waktu pengerjaan. Jadi merupakan faktor penghambat. Kadang jika pemesan ingin cepat selsai, terpaksa buat seadanya yang penting elektronika dan fungsinya maksimal (kualitas turun deh).

Mayoritas alat yang saya buat selalu melibatkan interface dengan komputer, baik melalui port paralel, serial, dan USB. Dan untuk membuat Software aplikasi, saya masih menggunakan Delphi 7 dan memprogram + mencoba menggunakan laptop dengan spesifikasi tergolong rendah seperti prosessor intel celeron, ram 256 dan VGA tempo dulu. Tujuannya adalah agar saya selalu berusaha membuat aplikasi yang tidak begitu memberatkan komputer yang saya gunakan. Kan nanti klo terlalu berat, komputernya langsung ngadat.
Wakwakwakwakwaa..

Saya selalu mengutamakan mutu dan kualitas jika ada yang saya buatkan alat, mulai dari PCB, kotak alat, mekanik, dan termasuk tampilan aplikasi software Delphi 7-nya (tapi disesuaikan dana tersedia). Dan masalah pada pembuatan software aplikasi Delphi 7 cukup banyak dan kadang vital.

Antara lain :
Icon.
Icon banyak diinternet, tapi ada yang gratis dan ada yang berlisensi. nanti masalah klo menggunakan Icon berlisensi. Makanya kadang ragu-ragu.
BackGround
BackGround / WallPaper aplikasi biar bagus menggunakan gambar, dan kadang jika ingin sesuai kebutuhan harus membuat gambar sendiri. Saya ga bisa photoshop, corel, dan sejenisnya karena memang tidak ingin belajar itu (fokus elektronika aja). Ujung-ujungnya kalo kepepet, akhirnya menggunakan Paint, Cape deeehh..
DataBase
Dulu pernah belajar database dan ternyata untuk membuat database yang bagus, terstruktur, rapi, memori kecil, lengkap, dll bagiku cukup memakan waktu yang tidak sedikit. Selain itu banyak aplikasi yang saya pakai tidak begitu membutuhkan database yang kompleks. Makanya sebisa mungkin menghindari penggunakan database. Kalo memang harus menggunakan database, mending cari ahlinya aja deh. Anak informatika (Jiaaah Biaya lagi).
Aplikasi berbasis Web
Sebenarnya aplikasi berbasis web menarik (pake banget) dan bukannya saya tidak bisa, tapi belum belajar karena belum ada perangkat yang saya buat berbasis web. Kalo ada barulah akan saya pelajari. Ada pesanan, barulah belajar karena masalah dana dan waktu.

Alat yang sudah saya buat cukup banyak.
Ada yang mirip-mirip, ada yang baru bikin berkali-kali, dll. Banyak deh.

Sepertinya Cukup. Intinya :
Sangat menyukai : Elektronika digital, Robotika, Teknologi Elektronika, dan sejenisnya.
Tidak suka : Mengetik dan menyusun Laporan.
Benci Banget : BiroKrasi, Politik, Korups*, Aparat Kor*p, dan sejenisnya.
Faktor penghambat : Mekanik, Arsitektur, dan tampilan Delphi yang cantik.

Thanks udah baca ...^^v...

Topik yang Populer