Minggu, 18 September 2011

Masalah LCD : Solusi Secara Hardware

.
Setelah mengetahui pin-pin LCD karakter serta fungsinya maka dapat diketahui bahwa :
Ketika menggunakan library fungsi lcd.h kemudian koneksi hardware LCD dengan mikrokontroller dilepaskan akan menyebabkan programsecara keseluruhan terhenti.
Hal ini dikarenakan program pada lcd.h menunggu Busy Flag tidak aktif atau chip prosesor pada LCD karakter sedang tidak melakukan sesuatu (tidak sibuk) dan siap menerima perintah / data dari mikrokontroller.

Pin DB7 = Busy Flag
Pin 14 pada LCD atau DB7 memiliki fungsi lain yaitu sebagai Busy flag.
Dalam kondisi sibuk, Busy flag ini berlogika 1 atau HIGH dan tidak akan mengolah / menerima data / perintah dari mikrokontroller maupun prosesor lainnya yang menggunakan LCD tersebut.

Sehingga jika mengirim data / perintah saat LCD sedang sibuk merupakan hal yang sia-sia bahkan bisa menyebabkan kesalahan data / perintah.
Oleh sebab itu prosesor yang menggunakan tampilan LCD harus menunggu hingga Busy flag ini berlogika 0 atau LOW dan diikuti dengan data/perintah yang diinginkan.

Fungsi library lcd.h pada CvAVR ketika mengakses LCD karakter, secara default pin DB7 (Busy Flag) berlogika HIGH dan menunggu chip prosesor LCD meng-LOW-kan pin tersebut.
Oleh sebab itu ketika LCD karakter dicabut dari PORT mikrokontroller, tidak ada yang meng-LOW-kan pin PORTx.7 sehingga program secara keseluruhan seolah-olah terhenti karena menunggu pin tersebut LOW.
atau dengan kata lain WAIT FOREVER.

Solusi Secara Hardware
Setelah mengetahui penyebabnya tentu saja sangat mudah solusinya bahkan sangat sederhana.
Solusinya yaitu ketika hardware LCD karakter tidak terpasang pada port mikrokontroller atau LCD dilepas, maka pin PORTx.7 dihubungkan dengan resistor lalu ke GND.

Agar anda dengan bebas lepas-pasang LCD karakter dari mikrokontroller bisa ditambahkan toggle switch atau Push button toggle yang bisa diatur posisinya ketika LCD karakter di pasang atau dilepaskan.
Sederhana bukan..

Post berikutnya yaitu solusi secara software.

Semoga membantu ...^^v...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Topik yang Populer