Minggu, 23 Agustus 2009

Komunikasi USART : TTL - RS232

.
Beberapa aplikasi atau sistem yang akan dibuat mungkin membutuhkan suatu sistem monitoring, pengendalian, penyimpanan data, pembuatan database, metode, atau hal-hal lain yang lebih kompleks dan mikrokontroller tidak dapat atau tidak mampu untuk menangani hal tersebut.
Bagaimana menangani hal ini ? Tentu saja dengan komputer.

Untuk meng-komunikasikan komputer dengan mikrokontroler adalah dengan interface (antar muka) antara komputer dengan mikro. Beberapa interface yang biasa digunakan antara lain melalui port serial (port COM) , port paralel (LPT), dan port USB pada komputer.
Saya hanya akan membahas port serial komputer saja (Port COM).

Level Comverter Port COM
Port serial COM pada komputer menggunakan level tegangan RS232 yaitu saat berlogika 0 nilai tegangannya antara +3 hingga +25 volt dan saat berlogika 1 tegangannya antara -3 hingga -25 volt sedangkan pada port mikrokontroler menggunakan level TTL yaitu logika 0 bernilai 0 volt (pendekatan) dan saat logika 1 bernilai 5 volt (pendekatan).









Perbedaan level tegangan ini menyebabkan dibutuhkannya level konverter agar tegangan antar perangkat yang berkomunikasi sama, sehingga komunikasi dapat dilakukan dan tidak terjadi data error.
Konverter RS232 - TTL digunakan untuk menyesuaikan level tegangan port COM komputer dengan port UART pada mikrokontroler. Ada beberapa rangkaian yang bisa digunakan sebagai konverter RS232 -TTL antara lain :
  • Menggunakan IC konverter RS232 - TTL seperti MAX232, ICL232, dsb. Penggunaan IC ini disarankan jika komunikasi yang dilakukan untuk jarak cukup jauh.
  • Menggunakan rangkaian transistor. Sebaiknya kabel tidak lebih panjang dari 1 meter.
  • Menggunakan IC gerbang Logika. Sebaiknya kabel tidak lebih panjang dari 1 meter.
Link-linknya:
- freecircuitdiagram.com
- www.scienceprog.com
- benybee.wordpress.com

Menggunakan IC konverter.













Menggunakan Transistor.













Menggunakan IC Gerbang logika.





















Beberapa hal penting lainnya pada komunikasi UART dengan RS232 menggunakan Port COM komputer yaitu :
  • RS232 HandShaking dengan RTS, CTS, dan DTR.
  • Kecepatan transfer data (Baud Rate) pada komunikasi mempengaruhi panjang kabel.
  • Nilai kapasitansi antar kabel yang mempengaruhi Noise saat transfer data dan mempengaruhi panjang kabel yang akan digunakan.
Link bacaan :
- www.radio-electronics.com
- www.lammertbies.nl

Topik yang Populer