Sabtu, 24 Oktober 2009

Ask : Membuat Help pada Mikrokontroller

.
Asker : NewBie
System :
Semua sistem secara umum.
Question :
Saya ingin membuat cara penggunaan alat saya atau langkah-langkah pengoperasian alat saya (Help) yang ditampilkan LCD 16x2 sehingga tanpa perlu petunjuk manual ataupun tidak perlu saya beri tahu orang awam pun bisa mengetahui cara penggunaan alat tersebut.

Masalahnya, saya ingin tampilan Help-nya berganti-ganti setiap 1,5 detik dan selalu ditampilkan tanpa henti-henti tetapi ketika Keypad ditekan langsung menuju operasi yang diinginkan dan keluar dari Help saat itu juga tanpa menunggu 1,5 detik selesai.
Saya menggunakan Delay_ms(1500) dan masalahnya jika pakai delay maka harus menunggu delay selesai dulu.
Gmana mas ?

Too PayZ :
Memang rata-rata tugas akhir yang pernah saya lihat atau alat lainnya selalu menggunakan Manual Book sebagai petunjuk. Apabila manual booknya hilang dan saat pameran dilakukan oleh juniornya atau orang awam ingin mengetahui penggunaan alat, menjadi kesulitan.
Jika ada tampilan Perancang Alat, Judul Alat, Link Website, Help, dll, itu merupakan nilai tambah dan siapapun tertarik mencoba alat anda.

Jika menggunakan perintah delay_ms(1500) maka tetap menunggu 1,5 detik sebelum pindah ke perintah selanjutnya. Oleh sebab itu triknya yaitu dengan mengganti delay_ms(1500) dengan program Scanning Keypad dan looping terus menerus hingga kira-kira 1500mS.

Silahkan lihat blog berikut : HELP Pada Aplikasi Mikrokontroller

Met Mencoba ;)

Topik yang Populer