Senin, 05 April 2010

EEPROM : Mengakses EEPROM AVR

.
Mikrokontroller AVR telah memiliki EEPROM internal yang dapat diakses langsung dengan mudah seperti halnya mengakses variabel nilai. Dengan fitur EEPROM ini perancang tidak perlu menambahkan eksternal EEPROM dan juga tidak perlu repot-repot membuat fungsi untuk mengakses EEPROM tersebut.

EEPROM pada CoViAVR
Mengakses dan mengaktifkan EEPROM pada CoViAVR semudah membuat dan memberikan nilai pada variabel global. Silahkan baca help CoViAVR tentang Accessing the EEPROM.
Penggunaan EEPROM harus menggunakan global variabel dan ditambahkan kata eeprom atau _eeprom. Pemberian nama dan nilai semudah pemberian nilai pada variabel lainnya.





Indikator digunakan dan terpakainya EEPROM pada AVR yaitu ketika dicompile akan tampak seperti gambar berikut :
Beberapa catatan mengenai EEPROM pada avr yaitu :
  • Total EEPROM pada ATmega8535 adalah 512 Byte EEPROM.
  • EEPROM AVR menggunakan ukuran data terkecil yaitu 16 bit atau 2 Byte sehingga total EEPROM yang bisa digunakan pada CoViAVR adalah 512 / 2 = 256.
  • Secara otomatis alamat EEPROM akan dimulai dari 0x0000 dan untuk menentukan alamat EEPROM sesuai keinginan programmer yaitu menggunakan tanda @.
  • misalnya : eeprom unsigned int nilai @0x2C;
Mengakses EEPROM
Potongan coding disamping adalah mengakses serial RTC kemudian data jam, menit, detik, tanggal, bulan, dan tahun disimpan di EEPROM AVR. Aplikasi ini digunakan untuk aplikasi scheduling controller atau alat pengendali berdasarkan jadual dan kalender yang ditentukan.

Ketika chip mikrokontroller AVR di program (didownload) maka saat itu pula seluruh EEPROM diprogram dan diberikan nilai sesuai dengan nilai yang diprogram pada global variabel, dalam hal ini EEPROM jam, menit, detik bernilai 0, tanggal = 1, bulan = 1, dan tahun = 10 (0x0A);
Hal inilah yang menyebabkan jika anda memprogram kembali chip mikrokontroller maka nilai EEPROM di reset sehingga seolah-olah nilai EEPROM tidak berubah atau tidak tersimpan.

Silahkan baca posting EEPROM selanjutnya.
Semoga manfaat ;)

Topik yang Populer