Minggu, 24 Oktober 2010

TPA81 : Mengendalikan Motor Servo

Modul Sensor TPA81 adalah sensor thermopile array yang menggunakan mikrokontroller tipe PIC16F88. Selain berfungsi untuk mengakses dan membaca sensor suhu, juga ditambahkan fitur pengendalian motor servo. Oleh sebab itu terdapat pin kontrol motor servo.

Pin ini disediakan dengan maksud sebagai pendukung kerja sensor TPA81 namun tidak menutup kemungkinan digunakan untuk keperluan yang anda inginkan.

Motor servo yang digunakan berfungsi sebagai tempat sensor TPA81 diletakkan yang kemudian motor servo bergerak ke kiri-kanan (atau sesuai keinginan) sehingga dapat digunakan metode scanning untuk mendeteksi / membaca suhu.

Motor Servo
Pada datasheet sensor TPA81, contoh motor servo yang digunakan adalah motor servo Hitec HS-311 dengan spesifikasi berikut :
Link :
Motor Servo Hitec HS-311 A
Motor Servo Hitec HS-311 B



Jika tidak memiliki motor servo tipe tersebut maka bisa digantikan dengan tipe sejenisnya / spesifikasinya mirip, khususnya pada pewaktuan untuk mengontrol sudut pergerakan motor tersebut.

Register Command pada TPA81
Untuk mengakses motor servo, register yang digunakan adalah register 0.
Ingat register ini memiliki fungsi yang berbeda ketika di Baca dan ketika di Tulis.

Saat di Tulis register 0 akan berfungsi sebagai Command register, yaitu register yang akan memberikan perintah posisi motor servo.

Saat di Baca register 0 akan memberikan informasi versi softaware yang diprogram pada modul TPA81.

Posisi Motor Servo
Nilai command / posisi motor servo yang dapat diberikan pada modul TPA81 sebanyak 32 step (nilai command : 0 - 31) dengan tipikalnya untuk mempresentasikan sudut 180 derajat.
Cara menghitung sudut motor servo adalah :

Posisi Motor Servo = (Nilai Command * 60) + 540 uS


Jika nilai command diberikan yaitu nilai 0 - 31 maka range pulsa-nya antara 540 uS hingga 2400 uS dan setiap step perubahan waktunya adalah 60 uS. Menulis nilai command selain 0 - 31 (misalnya 32, 33, 34, dst) akan menghentikan pulsa untuk motor servo.

Coding Motor Servo
Dari tabel tersebut maka nilai command yang dapat diberikan pada register 0 antar 0 - 31 atau 0x00 - 0x1F
Memberikan nilai selain itu akan menghentikan sinyal pulsa motor servo.

Bukannya g mau posting coding-nya, tapi memang belum pernah mencoba mengakses motor servo melalui TPA81. Jadi Codingnya belum ku posting.
Tar lagi nyoba kok, ini lagi nunggu pesanan motor servonya.
Servo datang-program-test-lalu Posting, OK. Sabar ya..

Saya bukan tipe orang yang memposting sesuatu yang belum saya coba sama sekali.
Semoga manfaat ... ^^v...
CMIIW..

Topik yang Populer