Senin, 06 April 2009

Mekanik Wall Tracing

.
Perancangan mekanik Mobil robot bisa dibilang gampang-gampang susah.
Tentu saja, karena bidang yang saya fokus adalah Elektro dan tidak maksimal pada mekanik, dan jika saya melihat teman-teman dari teknik Mesin membuat mekaniknya, seluruh jempol yang ada saya acungkan. (Kalo bisa kelingking menyamar jadi jempol.)

Jika anda ingin membuat mekanik robot yang kompleks atau fungsi mekanik robot yang anda yakin bisa buat 70 % sebaiknya serahkan pada ahlinya. Pasti banyak revisinya, apalagi jika membutuhkan presisi tinggi dan biaya tinggi.

Untuk Robot yang akan saya paparkan pada blog ini adalah mobil robot yang bisa dibuat dengan selembar acrilic atau bahan logam dengan mekanik sederhana sehingga dapat dibuat sendiri atau dibeli di toko mainan.

Jika anda baru pertama kali membuat mobil robot, anda yang memprogram, dan hampir semua anda yg kerjakan, maka saya hanya bisa menyarankan untuk motor DC tegangan maksimum 24 Vdc yang torsi tinggi dengan kecepatan yang cukup (optional).
Tujuannya agar logika program pada mobil robot bisa terlihat dan anda paham kesalahan pada program anda nantinya. Hal ini berlaku hampir pada semua program yang anda buat dan tidak hanya pada pergerakan mobil robot.

Untuk mekanik saya tidak bisa koment banyak, yang jelas bisa mengetahui teorinya dan rancangan dasar mekanik sudah cukup. Selanjutnya serahkan pada ahlinya dan sebaiknya anda ahli dibidang anda sendiri dalam hal ini Elektronika Digital (Robotika).

Topik yang Populer