Kamis, 02 Juli 2009

Kabel ISP Kanda System STK200+/300

.
Untuk membuat kabel ISP Kanda System STK200+/300 yaitu kabel konektor interface antara programmer dengan komputer menggunakan port paralel, silahkan lihat link ini http://www.robotgames.net/atmel/Cables.htm. Pada link tersebut terdapat 2 konfigurasi.












Konfigurasi sederhana (Simplified).
Tidak digunakan IC Tri Sate Buffer sehingga rangkaian jadi sederhana, akan tetapi saat menguji program kabel ini harus di lepaskan dari board programmer dan saat akan memporgram chip anda harus memasang kembali.

Hal ini karena PORTB mikro terhubung langsung dengan port paralel komputer (LPT) sehingga logika pada PORTB mikro terpengaruh oleh logika pada port paralel.
Salah satu solusinya yaitu anda menggunakan PORTA, PORTC, dan PORTD terlebih dahulu dan PORTB tidak digunakan sehingga tidak perlu dilepas pasang, saat memprogram dan saat menguji program.

Konfigurasi Komplit (Buffered)
Pada konfigurasi ini digunakan IC Tri State Buffer sebagai penyangga data. IC 74HC244 atau 74HC125 akan menghubungkan komunikasi data antara komputer (Port LPT) dengan mikrokontroler saat proses pemrograman chip dilakukan dan akan mengisolasi hubungan antara port LPT dengan PORTB mikrokontroler saat selesai memprogram chip.

Dengan adanya IC 74HC244, pengujian program pada PORTB dapat dilakukan secara langsung tanpa perlu khawatir logika Port LPT akan mempengaruhi logika PORTB mikro.

Topik yang Populer