Kamis, 02 Juli 2009

Membuat Programmer AVR

.
Rangkaian dan Board programmer mikrokontroler ATmega8535 telah banyak terserdia dipasaran dan harganya "terjangkau", tetapi bagi anda yang ingin menguji kemampuan membuat programmer ATmega8535, saya memberikan tutorial ini sebagai referensi. Semoga bermanfaat.

Ini link yang cukup bagus, tapi masih banyak lagi diinternet.
http://www.serasidis.gr/circuits/avrprog/avrprog.htm
http://kartikmohta.com/wiki/Tech/ATmega16Programmer

















Gambar diatas terdiri dari gambar rangkaian programmer secara keseluruhan, gambar kapasitor jenis MKM dan kapasitor tantalum, serta soket RJ11 (soket phone).
Soket untuk berkomunikasi dengan komputer melalui port COM saya gunakan soket RJ11 (soket telephone) karena kabel yang dibutuhkan hanya 3 dan soket ini lebih kecil ukurannya dibanding dengan DB9. tetapi jika mengalami kesulitan menemukan komponennya, maka ganti saja dengan DB9.

Untuk kapasitor MKM pada gambar rangkaian usahakan menggunakan kapasitor jenis tantalum 100 nF jika tidak ada komponen ini gunakan MKM yang biasa saja.
Perhatikan rangkaian pada kaki VCC, AVCC, dan AREF mikro, setiap kaki terdapat kapasitor MKM dan kapasitor ini dipasang sedekat mungkin dengan kaki-kaki tersebut untuk menjaga kestabilan tegangan pada kaki-kaki tersebut.

Rangkaian konverter TTL - RS232 yang digunakan adalah rangkaian transistor bukan dengan IC 232 (misal MAX232, ICL232, dll) karena murah dan sederhana, akan tetapi dengan menggunakan rangkaian ini maka komunikasi serial dengan komputer tidak dapat jauh-jauh agar komunikasi data tetap valid (kira-kira 1-1,5 meter saja).

XTAL mikro dapat diganti hingga 16MHz tergantung aplikasi yang anda gunakan. Kristal terbesar yang pernah saya gunakan adalah 10MHz.

Selamat mencoba n berhasil ya... ya... ya...

Topik yang Populer