Rabu, 10 Februari 2010

DVM : Rangkaian Skematik

.
Time : Januari - Februari 2010.
Project : Digital Voltmeter.

Download Project Voltmeter Digital

Berikut gambar rangkaian skematik DVM-nya

Rangkaian pada gambar adalah prototype voltmeter untuk memperoleh hasil yang maksimal dengan cara sederhana sehingga rangkaian terkesan rumit dan terdapat komponen tambahan. Seperti yang dijelaskan berikut ini.


Op Amp LF351
Pada rangkaian saya membuat 4 buah rangkaian Op Amp menggunakan IC LF351, alasannya yaitu agar input tegangan yang berkisar pada satuan miliVolt atau bernilai kecil dapat terukur.
Saya menggunakan beberapa Op Amp dan dengan cara coba-coba (maap cara praktis ...v^^'...) agar didapat penguatan yang berbeda untuk memperoleh hasil yang tepat atau terbaik. Selain itu agar nilai penguatan dapat dipilih-pilih sesuai keinginan menggunakan DIP switch (bisa juga menggunakan switch tipe lain ex : rotari switch).
Lebih tepatnya saya sedang ujicoba dengan Op Amp, dan ternyata baru tahu kalo ada tipe IC yang bagus untuk skala miliVolt dan biasa di pakai di strain gauge.
Sebenarnya bisa juga menggunakan Variabel Resistor seperti cermet tapi karena ingin mencoba dengan nilai resistor tetap.

UART TTL-UART RS232 / UART TTL- USB Interface
Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, pada rangkaian juga saya menyediakan rangkaian konverter TTL-RS232 menggunakan IC MAX232 dan juga konverter UART -USB menggunakan IC FT232RL, karena ingin mencoba interface dengan USB.
(sampai sekarang belum di tes USB-nya masih menggunakan port COM => agak sibuk kk...^^...)

Port DB9F PCB
Perhatikan pada DB9F PCB yang berarti menggunakan konektor DB9 female yang rangkaian pada umumnya menggunakan DB9M PCB (male), alasan menggunakan Female adalah agar dapat dikoneksikan secara langsung dengan konverter RS232-USB menggunakan kabel konverter yang tersedia dipasaran, seperti gambar berikut.

Karena menggunakan DB9 Female jika anda menggunakan kabel serial sendiri maka perhatikan koneksi RX dan TX yang terhubung ke port COM komputer.

Awalnya saya juga salah memasang kabel serial yang saya buat sendiri.
Koneksi kabel antara lain RX, TX, dan GND, jika menggunakan DB9M PCB maka RX dan TX posisinya disilang sebaliknya untuk DB9F tidak disilang RX dan TX-nya.

Sebaiknya langsung coba saja dikomputer dengan program Hyperterminal, jika tidak ada tampilan coba di balik kabel RX dan TX-nya yang penting GND-nya sudah benar.

Power Supply
Modul Voltmeter Digital ini memiliki fungsi Stand Alone yang akan disupply menggunakan baterai 9 Volt DC sehingga agar baterai lebih tahan lama dan awet digunakan Power Supply dengan LM78L05. Regulator LM78L05 memiliki arus maksimum 100 mA sehingga saya paralel 2 buah dan keluaran arus bisa mencapai 200 mA.
Jika menggunakan LM78L05, memang arusnya mencapai 1,5 Ampere tetapi juga butuh konsumsi arus dan tegangan yang cukup besar dan baterai bisa lebih cepat habis.

Setelah menimbang memilih dan menyederhanakan berikut rangkaian sederhananya

Demikian, kurang lebih maap..
Semoga membantu... ;)

Topik yang Populer