Kamis, 25 Februari 2010

Servo Part III : Antara Torsi dan Kecepatan

.
Baca dulu :
Servo Part I : Kontrol Motor Servo
Servo Part II : Timing (Waktu) dan Sudut Servo

3. Torsi VS Speed (Kecepatan)
Seperti diketahui sebelumnya bahwa motor servo posisi akan bergerak pada posisi sudut tertentu berdasarkan lebar sinyal kontrol yang diberikan pada pin sinyal. Dan Beberapa motor servo memiliki torsi yang cukup besar dengan kecepatan yang relatif cepat (bahkan sangat cepat).
Beberapa motor servo justru menimbulkan masalah ketika digunakan untuk menggerakkan beban berat, memiliki pergerakan yang relatif cepat akan tetapi menggunakan gearbox plastik.

Misalkan :
Spesifikasi motor Servo memiliki torsi yang mampu mengangkat beban 4 Kg, kecepatan 60° / 0.18 Sec dan menggunakan gearbox plastik.
Motor servo tersebut bisa mengalami kerusakan yang umumnya gearbox plastik yang aus karena terjadi sentakan yang kuat pada gearbox tersebut karena kecepatan perubahan sudut yang relatif tinggi dan menggangkat beban mendekati batas maksimum motor servo tersebut.

Cara mengatasinya ada 2 cara yaitu :
  1. Cara mekanis yaitu dengan menggunakan Motor servo yang menggunakan gearbox metal yang pastinya lebih mahal atau menggunakan gearbox tambahan untuk mengurangi kerusakan (..dan lain-lain..) yang sangat tidak praktis serta memperbesar rangkaian.
  2. Mengurangi kecepatan perubahan motor servo melalui Coding, dan tentu saja cara ini menjadi pilihan peraktis dan mudah.
Saya hanya membahas cara ke-2 saja..
Ide dasar memperlambat pergerakan motor servo yaitu dengan menambah sudut motor servo secara perlahan-lahan dan memberikan waktu delay antar perubahan sudut terserbut.

Misalkan perubahan sudut dari 0° ke sudut 180° maka sebenarnya yang terjadi adalah sudut berubah setiap saat dari
0° (delay_ms(10)), 1° (delay_ms(10)), 2° (delay_ms(10))... ,179° (delay_ms(10)), 180°.

Atau bisa saja biar lebih cepat dari
0° (delay_ms(30)), 10° (delay_ms(30)), 20° (delay_ms(30)), 30° (delay_ms(30)),... , 180°.


Coding + Video.....
Otw..
;)

Topik yang Populer